Jumat, 06 April 2012

Pemimpin dan Kepemimpinan,…Jelang Pilkada Pemimpin (bukan Pejabat) Kota Padangsidimpuan


(oleh : Mahmulsyah Daulay)


Tinggal dalam hitungan bulan tepatnya Oktober 2012, Kota Padangsidimpuan  akan segera melaksanakan proses demokrasi yaitu memilih walikota dan wakilnya sebagai  pemimpin Padangsidimpuan untuk lima tahun mendatang.  Para kandidat  tentunya berusaha menarik simpati masyarakat pemilih dengan  berbagai cara yang di perbolehkan menurut undang-undang.  Sudah barang tentu pada saat kampanye para kandidat akan menyampaikan jargon-jargon bahwa yang bersangkutan paling pantas  menjadi pemimpin di Kota Padangsidimpuan.  Oleh karena itu, sebelum menjatuhkan pilihan,  ada baiknya masyarakat Kota Padangsidimpuan merenungkan sebentar makna “Pemimpin dan Kepemimpinan .   

Pemimpin dan Kepemimpinan merupakan dua elemen yang saling berkaitan. Artinya, kepemimpinan (style of the leader) merupakan cerminan dari karakter/perilaku pemimpinnya (leader behavior). Perpaduan atau sintesis antara “leader behavior dengan leader style” merupakan kunci keberhasilan  pengelolaan daerah atau wilayah, dan bahkan Negara.
Pemimpin yang berhasil adalah merupakan perkalian antara KREDIBILITAS dengan KAPABILITAS. Kredibilitas adalah cirri-ciri yang ada pada seorang pemimpin seperti kompetensi-kompetensi, sifat-sifat, nilai-nilai, kebiasaan-kebiasaan yang bisa dipercaya oleh semua pihak.  Sedangkan Kapabilitas adalah kemampuan pemimpin dalam menata visi, misi, dan strategi serta dalam mengembangkan sumber-sumber daya manusia untuk kepentingan memajukan daerah yang dipimpinnya. Kredibilitas pribadi yang ditampilkan pemimpin yang menunjukkan kompetensi seperti mempunyai kekuatan keahlian (expert power) disamping adanya sifat-sifat, nilai-nilai dan kebiasaan-kebiasaan yang positif (moral character) bila dikalikan dengan kemampuan pemimpin dalam menata visi, misi, dan strategi tentang pemerintahan , akan merupakan suatu kekuatan dalam menjalankan roda pemerintahan dalam rangka meningkatkan tarap hidup masyarakat Kota Padangsidimpuan.

Dalam kacamata Islam, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang memiliki paling sedikit empat sifat dalam menjalankan kepemimpinannya yaitu :
1.      Siddiq, jujur sehingga dapat dipercaya
2.      Tablig , Penyampai, atau kemampuan dalam berkomunikasi dan bernegosiasi
3.      Amanah, bertanggung jawab di dalam menjalankan tugas
4. Fathanah, cerdas dalam membuat perencanaan, visi, misi, strategi dan mampu mengimplementasikan di tengah-tengah masyarakat yang di pimpinnya.
Dengan menggunakan pendekatan tersebut di atas, mudah-mudahan masyarakat pemilih Kota Padangsidimpuan di dalam menyampaikan hak pilihnya nanti dapat menemukan calon Pemimpin  yang bukan hanya sekedar Pejabat…Semoga…  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar