Selasa, 20 November 2012

Tanamanku Sahabatku : Daun Sirsak Si Penggempur Kanker


Oleh : Mahmulsyah Daulay

Tanaman Sirsak  atau bahasa kampung kelahiran biasa disebut “Tarutung Hulando”, sangat banyak ditemui di halaman rumah kita di “huta hasorangan”.  Buahnya berwarna hijau dengan duri-duri lunak.  Saat buah matang sangat segar untuk disantap.  Sirsak  selain buahnya  memiliki kandungan obat, ternyata daunnya juga berkhasiat untuk mengatasi kanker.   Jadi tanaman sirsak yang tumbuh di pekarangan ternyata berkhasiat antikanker.



Gambar tanaman Sirsak


Berdasarkan hasil studi oleh Peneliti di Sekolah Farmasi Purdue University, Indiana, Amerika Serikat, Jerry L McLughlin dan Peneliti di Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB, Prof. Soelaksono Sastrodihardjo PhD. bahwa daun sirsak memiliki kandungan senyawa aktif acetogenins yang ampuh menumpas 7 sel kanker.  Ke tujuh sel kanker tersebut adalah : kanker serviks, payudara, usus besar, pankreas, prostat, paru-paru dan ginjal.  Riset ini didukung oleh bukti empiris pengalaman banyak  pasien kanker. 

Di Jakarta misalnya, seorang pasien dianjurkan mengkonsumsi rebusan daun sirsak segar.  Merebus 10 lembar daun sirsak dalam 2 gelas air, setelah mendidih menjadi satu gelas dan diminum sekali setiap hari.  Napasnya mulai lega setelah 30 hari rutin meminum daun sirsak.  Angka penanda kanker seorang pasien kanker usus di Bandung Jawa Barat, turun setelah menelan kapsul berisi ekstrak daun sirsak.  Hal yang sama juga pada sel kanker yang semula terdeteksi menyebar ke lengan seorang penderita kanker payudara, hilang setelah mengkonsumsi air rebusan daun sirsak dan kapsul yang berisi ekstrak daun sirsak.  
Mengingat tanaman sirsak ini mudah ditemui di kampung asal, dan tentu lebih ekonomis, lebih murah  serta cara membudidayakannya pun tidak begitu sulit.  Oleh karena itu,  alangkah baiknya jika tanaman sirsak dan khasiatnya  ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat terutama di masyarakat di pedesaan .oleh lembaga terkait,  sehingga masyarakat memiliki pilihan dalam proses pengobatan atau menjadi peluang usaha ........semoga.

Sumber : Dikompilasi dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar